Jumat, 22 Oktober 2010

Kapolri: Protap Tembak di Tempat Bukan untuk Demo

JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo menegaskan, Protap tembak di tempat diterapkan bukan untuk menangani unjuk rasa. Protap Kapolri/1/X/2010 tersebut ditujukan untuk menangani tindakan anarkistis.

"Mohon untuk Protap 01 jangan ditanggapi untuk penanganan unjuk rasa. Bukan! Jadi itu untuk masyarakat yang anarkis, yang tidak berkaitan dengan unjuk rasa," kata Timur usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/10/2010).

Untuk diketahui, isi Protap Kapolri/1/X/2010 tentang Penanggulangan Anarkistis mengatur tentang pengambilan tindakan tegas dalam menangani aksi anarki dengan cara-cara sebagai berikut:

a. Kendali tangan kosong keras.

b. Kendali senjata tumpul, senjata kimia antara lain gas air mata, atau alat lain sesuai standar Polri.

c. Kendali dengan menggunakan senjata api atau alat lain untuk menghentikan tindakan atau perilaku anarki yang dapat menyebabkan luka parah atau kematian anggota Polri atau anggota masyarakat atau kerusakan dan/atau kerugian harta benda didahului dengan tembakan peringatan ke arah yang tidak membahayakan.

d. Apabila pelaku tidak mengindahkan tembakan peringatan maka dilakukan tembakan terarah kepada sasaran yang tidak mematikan.


Maria Ulfa Eleven Safa - Okezone

Sumber: Kapolri: Protap Tembak di Tempat Bukan untuk Demo (Okezone News, 22 Oktober 2010 16:59 wib)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons