Monday, December 13, 2010

Pesta Demokrasi Kampus

Menegakkan demokrasi adalah tantangan bagi generasi penerus bangsa untuk melanjutkan perjuangan ke arah kehidupan yang lebih baik. Namun terkadang kesulitan untuk berbuat sesuatu yang terbaik bagi negeri ini masih sering mengganjal di sepanjang garis perjuangan para pelopor perubahan yang mendorong keras demokrasi melalui serangkaian aksi dan tindakan nyata.

Pergerakan yang dimiliki mahasiswa di kampus ternyata tidak selalu bisa menjadikan aspirasi para mahasiswa dapat menjadikan perubahan yang mendasar bagi perubahan untuk kelangsungan eksistensi demokrasi. Dengan berbagai pandangan yang dimiliki para mahasiswa di kampus dengan beragam ideologi yang tidak sulit juga untuk ditelusuri melalui organisasi ekstra universitas yang telah berdiri sejak lama itu, misalkan saja PMII, HMI, FORKOT, IMM, dan turut juga ada lembaga kampus yang independen yang ikut membangun melalui kebijakan-kebijakan yang bertujuan untuk menjadi wadah bagi mahasiwa di kampus agar dapat bergerak untuk menelurkan aspirasinya ke dalam aksi dan tindakan nyata.
Dalam aksi dan diskusi para mahasiswa di kampus untuk menelusuri jejak-jejak pemikiran yang menjadi acuan bagi pemikiran mahasiswa untuk melakukan perubahan yang signifikan bagi jaman yang dilaluinya. Sebut saja aksi-aksi mahasiswa di setiap daerah propinsi di Indonesia, dengan beragam visi dan misi untuk perubahan dan menegakkan demokrasi ternyata tidak pernah surut atau sebagai ingatan yang masih terus hidup dalam memori kita adalah aksi mahasiswa pada tahun 1998 yang terkenal dengan aksi mahasiwa Semanggi I dan Semanggi II. Kemudian masih banyak aksi lainnya yang baru-baru ini digaungkan oleh para mahasiswa di daerah-daerah maupun di kota-kota besar lainnya oleh mahasiswa melalui berbagai organisasi-organisasi ekstra universitas maupun lembaga mahasiswa itu sendiri, seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).

Pesta demokrasi yang digelar didalam lingkungan kampus mempunyai momentum sejarahnya sendiri dengan berbagai prinsip dan tujuan dalam memperjuangkan demokrasi bagi kehidupan kampus serta membangun pemikiran kritis terhadap setiap perubahan yang sedang berkembang seiring waktu. Kehidupan kampus yang dinamis seiring terhadap perubahan membutuhkan kerja keras dari seluruh elemen mahasiswa untuk dapat ikut menjadi aktor perubahan (agent of change) dalam mengawal setiap perubahan agar dapat menghasilkan hasil yang positif bagi para generasi penerus bangsa dan negara di masa depan. Dengan dibentuknya pemerintahan mahasiswa dilingkungan kampus telah membuat perubahan yang signifikan sebagai awal untuk melakukan perubahan bagi para mahasiswa untuk tumbuh dan berkembang melalui berbagai kegiatan kampus yang dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi masa depannya kelak.

Salam pergerakan.... Hidup mahasiswa!

Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons