Sunday, February 12, 2012

Manfaat Media Tulis Menulis Online

Ini hanya sebuah opini tentang karakteristik dari bagian-bagian yang terpenting dari sebuah penulisan yang selalu terfokuskan pada suatu titik dimana resolusi itu tidak pernah sampai tuntas. Setiap penulis selalu ingin menyampaikan pesan pada pembaca tentang setiap peristiwa atau pemikiran serta pendapat pada hal-hal yang umum ataupun pula pada yang sifatnya personalitas yang sengaja dikembangkan untuk memperkenalkan hal baru kepada khalayak atas ide dan konsep yang telah konkrit.

Tantangan bagi media untuk bisa terus membuka diri pada setiap kejadian secara gamblang, tentunya terkait dengan batasan atas suatu kesepakatan terhadap konten media yang justru nantinya hanya akan mengurangi citra baik terhadap tujuan penerbitan konten tersebut. Ini tidak terlepas dari suatu independensi dan kredibilitas yang harus tetap dijaga dan dilestarikan agar setiap penulisan yang terkait dengan tujuannya tersebut tidak semata-mata untuk mengurangi persepsi publik pada fakta yang didalamnya terdapat kebenaran sesuai fakta tersebut yang harus tetap utuh dalam setiap kalimat yang dituangkan kedalam penulisan.

Media yang digunakan untuk sarana penulisan cerita, artikel, dan serta beragam tulisan penting lainnya yang telah tumbuh dan berkembang dengan banyak pilihan, seperti misalnya blogs dan social media yang sekarang ini banyak digunakan oleh khalayak sebagai ruang pribadi dengan beragam tulisan yang membicarakan permasalahan kehidupan sosial, ekonomi, dan politik serta masih banyak lagi. Perkembangan tersebut tidak lepas pula dari keinginan untuk menunjukkan eksistensinya sebagai manusia yang hidup dalam keterbatasan atas regulasi dan kebijakan dari institusi yang mengatur kebijaksanaan perihal kehidupan sosial kemasyarakatan, tetapi ini pula yang sering kali mendorong minat para akademisi dan praktisi yang kritis terhadap suatu kemapanan demi suatu perubahan dinamis untuk tetap dapat bertahan dalam tuntutan hidup. Suatu tulisan yang dapat dimuat dalam suatu media dapat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pembaca pada tiap situasi yang secara umum seperti berita ekonomi, sosial, politik, kesehatan dan lain-lain, serta secara khusus apabila mengenai suatu maksud tertentu yang tidak termasuk dalam berita, seperti artikel ilmiah atau jurnal penelitian.


Dalam era demokrasi dimana setiap orang bebas menyampaikan aspirasi dan kreatifitas yang tentunya bertujuan untuk suatu perubahan yang berkelanjutan atas ruang lingkup kehidupan berbangsa dan bernegara telah dimanfaatkan secara bijaksana oleh setiap generasi sebagai suatu saluran yang menghubungkan antara pemerintah sebagai regulator serta pelaksana berjalannya pemerintahan dan masyarakat sebagai pendukung bekerjanya pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan hajat hidup orang banyak. Sehingga dengan demikian adanya media yang dapat menjadi penghubung aspirasi serta ide-ide kreatif tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi pemerintah untuk dapat dikaji apabila terbukti dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan dapat memberikan peningkatan martabat hidup manusia.

Penulisan yang baik tentunya memiliki konten yang menarik dimana setiap pembacanya mendapatkan pemahaman baru mengenai topik tersebut dan mampu memberikan efek yang positif bagi orang yang membacanya. Selain itu tulisan yang baik harus pula dapat mewakili ide penulis dalam benak para pembacanya yang antara lain adalah kesepadanan antara pikiran penulis dengan apa yang dituliskannya dan kesatuan gagasan yang mengandung satu ide pokok atau satu pikiran, agar tidak menimbulkan kesalahtafsiran pada ide tulisan tersebut. Dengan demikian maka akan dapat mudah memahami apa yang sedang disampaikan oleh penulis kepada para pembacanya dan selanjutnya penulis juga dapat membangun suatu gagasan baru untuk mengembangkan tulisan tersebut dalam topik yang berhubungan dengan tulisan sebelumnya.

Dengan semakin meningkatnya jumlah penulis di media online seperti kompasiana, blogspot, ataupun social media yang menyediakan fasilitas untuk menulis dimana semakin banyak jumlah informasi yang dapat tersedia maka akan memberikan peluang dan manfaat bagi orang lain serta bagi para penulisnya. Dalam konteks kerjasama timbal balik antara penulis dengan penyedia media penulisan adalah terbentuknya suatu komitmen antara penulis dan penyedia media penulisan tersebut dalam hal isi tulisan yang tidak melanggar aturan yang dibuat oleh penyedia media penulisan, sehingga dapat terjaga keseimbangan antara isi tulisan dari penulis dengan hal-hal yang dianggap dapat diterima umum agar tulisan tersebut dapat mudah dipahami dan disukai oleh para pembacanya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat... 
_____________________________
Tulisan ini pernah dimuat pada kompasiana

Photo from corbisimages
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons