Selasa, 06 Maret 2012

Angka Pengangguran Didominasi Sarjana

YOGYAKARTA, RIMANEWS-Data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebutkan angka pengangguran mencapai 4,1 juta (21,2 persen) dari jumlah angkatan kerja sebanyak 21,2 juta pada 2011. Dari jumlah tersebut, separuhnya adalah lulusan diploma dan sarjana.

Praktisi sumber daya manusia dari JobsDB.com Ir. Bambang Sulistiono, MSCE menyatakan para diploma dan sarjana tidak bisa menunggu atau pasif dalam mengatasi statusnya sebagai penganggur. Selain mengembangkan peluang usaha/wirausaha, berbagai kesempatan bursa kerja (career day) bagi yang ingin mengembangkan keahlian maupun bekerja sementara di perusahaan, perlu memanfaatkan kesempatan itu secara aktif.

Berbicara di Yogyakarta Selasa (6/3) berkaitan Campus Hiring bagi alumni Universitas Islam Indonesia (UII) pada 7-8 Maret, dia menyatakan keaktifan para lulusan diploma dan sarjana penting untuk menjemput bola terhadap tantangan dari perusahaan yang terus mengembangkan sayap bisnisnya.

Menurut dia, masalah pengangguran bukan saja berakar dari keterbatasan jumlah lapangan pekerjaan, pertemuan pencari kerja dan penyedia kerja tidak lancar menjadi penyebab pengangguran. “Ini menjadi lubang terjadinya pengangguran di pasar tenaga kerja,” kata dia.

Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, mantan Menteri Tenaga Kerja Fahmi Idris menyatakan keaktifan menghimpun ide dan menciptakan sesuai yang bernilai kreatif menjadi bagian dari kunci sukses lulusan perguruan tinggi. Syarat demikian berlaku universal, tidak hanya bagi alumni yang memiliki indek prestasi tinggi. Menurut dia ide dan kreativitas menjadi alternatif semacam pengganti modal. “Konsep yang bisa dijual ketika mulai usaha dan tidak memiliki modal,” ujar dia saat kuliah “Pengembangan Budaya Theoentrepreneurship”.

Menurut dia, kemauan yang didukung ide dan kreativitas makin kuat mengantarkan lulusan perguruan tinggi mencapai sukses. “Ide dan kreativitas, serta kemauan harus seimbang. Itu kunci menuju sukses,” kata dia.

Modal tersebut berlaku pada lulusan perguruan tinggi yang ingin membangun wirausaha. “Kemauan dan ide serta kreativitas sangat menentukan sukses usaha yang dirintis. Ini menunjukkan usaha bukan didasarkan bakat atau keturunan,” kata dia. [ach/PR]

Sumber: Angka Pengangguran Didominasi Sarjana (Rima News, 6 Maret 2012 04:51 WIB)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons