Thursday, March 15, 2012

Facebook Urutan Pertama di "Alexa Top Sites in Indonesia"

Era teknologi informasi di abad 21 telah banyak merubah gaya hidup dalam seluruh aspek sosial, ekonomi, sampai dengan aspek politik dan budaya masyarakat seiring dengan semakin mudahnya mengakses informasi menggunakan internet. Semakin terus meningkatnya kebutuhan informasi telah melahirkan berbagai media sosial dalam banyak ragam seperti webblogs, forum internet, podcast, microblogging, content communities, social media, wiki dengan berbagai fitur konten yang masing-masing memiliki khas yang berbeda sehingga mampu memberikan kemudahan dalam berbagi berbagai hal informasi termasuk gambar, video, musik menggunakan tautan link menuju sumbernya dan tulisan yang biasanya disebut dengan status (update status).

Jumlah pengguna media sosial di Indonesia telah merambah berbagai kalangan masyarakat secara luas dari pelajar, mahasiswa, karyawan, guru, dosen, politikus, walikota, gubernur, menteri dan presiden tetapi untuk golongan kelas eksekutif seperti presiden tentulah bukan presidennya yang secara langsung menggunakannya namun melalui asisten presiden. 


Dengan semakin mudahnya perangkat yang tersedia untuk bisa mengakses media sosial tersebut, seperti komputer, laptop dan handphone termasuk smartphone yang juga dengan harganya yang terjangkau dan kini sudah banyak dijual perangkat modem yang dapat digunakan pada komputer dan laptop dengan harga yang terjangkau serta biaya koneksi internet yang murah, sehingga banyak kalangan mahasiswa dan pelajar yang menggunakan modem selain untuk kegiatan belajar juga sebagai interaksi pertukaran pesan dan informasi lain karena biasanya mahasiswa dan pelajar memiliki kegiatan ekstrakurikuler dalam komunitas tertentu dan media sosial yang digunakan untuk sarana bertukar informasi biasanya adalah seperti Facebook, Twitter, Youtube, Friendster, Myspace, Plurk dan Linkedin.

Website
Urutan
Facebook
1
Google Indonesia
2
Google
3
Yahoo
4
Blogspot
5
Youtube
6
Kaskus
7
Wordpress
8
Detik
9
Twitter
10
Blogger
11
Wikipedia
12
4shared
13
Kompas
14
KlikBCA
15

Media sosial yang paling dibanyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia menurut data yang penulis gunakan dari situs Alexa terdapat jejaring sosial Facebook pada urutan pertama dengan beragam pendapat soal kemudahan dan kesukarannya ketika mengakses jejaring sosial Facebook tersebut. 


Ada beberapa alasan yang membuat pengguna media sosial di Indonesia lebih banyak yang menggunakan jejaring sosial Facebook yang paling menonjol adalah karena kontennya menarik, jumlah komunitas yang menggunakan jejaring sosial tersebut, mudah digunakan, dan sebagai pendukung usaha bisnis. 


Selain dari kemudahan tersebut terdapat pula kesukaran ketika mengakses jejaring sosial Facebook seperti jumlah sponsor iklan yang semakin banyak sehingga ketika saat membuka (loading) dan berganti halaman di situs Facebook menjadi lama dan terkadang tidak merespon cepat untuk membuka gambar dan video.

Pengguna microblogging di Indonesia seperti Twitter masih sedikit dibandingkan dengan pengguna content communities seperti Youtube, dapat dilihat pada urutan di situs Alexa untuk Twitter pada urutan ke-10 dan Youtube pada urutan ke-6. 


Kecenderungan yang nampak dari urutan tersebut mengapa pengguna lebih memilih Youtube adalah karena pertukaran informasi melalui video seperti video klip musik, video berita dan acara hiburan, video tutorial, serta info info teknologi seperti gadget dan software yang dikemas dalam video untuk memudahkan pembeli melihat fitur produk tertentu.

Sumber Referensi:
Image for corbisimage.
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons