Rabu, 07 Maret 2012

Centurygate Naik Tingkat, Dari Penyelidikan ke Penyidikan

JAKARTA, RIMANEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap memanggil sejumlah petinggi diduga terlibat dalam kasus aliran dana Bank Century. Petinggi itu berasal dari Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Komisi Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK).

Kesiapan memanggil tersebut disampaikan anggota Tim Pengawas (Timwas) kasus Bank Century Bambang Soesatyo usai bertemu dengan KPK.

"Yang selama ini akan diperiksa kembali KPK adalah orang-orang disebut terlibat dalam kasus Century, dari BI, LPS, DAN KSSK," tegas Bambang Soesatyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/3/2012).

Menurut politikus Partai Golkar ini, KPK akan memeriksa petinggi, mulai dari Wakil Presiden Boediono yang dulu menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia sampai ke anak buahnya. "Dari Boediono sampai ke bawah," ujarnya.

Maka itu, kata Bambang pihaknya mendorong kontruksi hukum KPK mengacu pada konstruksi hukum hasil dari audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selain itu, Pimpinan KPK dan Timwas telah sepakat menaikan status kasus Century dari penyelidikan menjadi penyidikan, meski belum seluruhnya.

"Kalau kami lihat dari Pimpinan KPK yang kelektif kolegial, 2 orang (Abraham Samad dan Dzulkarnaen) sudah setuju untuk meningkatkan status kasus ini pada penyidikan, yang belum kami dengar adalah suara dari Busyro dan Pandu Praja," ujarnya.

Jadi, menurut Bambang KPK dalam waktu dekat memastikan akan meningkatkan status penyelidikan menjadi penyidikan dalam waktu dekat secara keseluruhan, sebab akhir tahun ini target kasus sudah rampung.[ach/sndn]

Sumber: Centurygate Naik Tingkat, Dari Penyelidikan ke Penyidikan (Rima News, 7 Maret 2012 07:37 WIB)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons