Selasa, 10 April 2012

Kedatangan Tentara AS di Papua Sarat Nuansa Politik

Jakarta - Ketua Dewan Direktur Sabang-Merauke Circle, Syahganda Nainggolan, mengungkapkan, rencana kedatangan 2.500 personil tentara Amerika Serikat di Papua, sarat dengan nuansa politik. Menurutnya, ini harus menjadi perhatian pemerintah, karena ada kemungkinan timbul masalah dari rencana tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Syahganda pada acara peresmian Pusat Kajian Papua, di Auditorium FISIP UI, Depok, Senin (9/4).

Syahganda menilai, pemerintah terlalu menyepelekan bila menganggap itu bukanlah suatu masalah. 

“Waktu itu, Menlu Marty Natalegawa mengecam tindakan tersebut. Selanjutnya, atas intruksi Presiden, Menlu menarik kembali kata-katanya. Berikutnya, Humas Kemenhan menyatakan bahwa hal tersebut tidak menjadi masalah,” ujarnya.

Selain itu, kedatangan Amerika di Papua juga patut diwaspadai mengingat saat ini sedang terjadi pergolakan dari organisasi Papua Merdeka. Syahganda menduga, kedatangan pasukan Amerika tersebut untuk mendukung Papua Merdeka.

“Kalau mereka datang, pasti untuk mendukung Papua Merdeka,” ujarnya.

Syahganda menilai, hal tersebut justru bisa menjadi masalah besar. Ia mengatakan, seandainya Cina datang dan membuka pangkalan di Timor Timur, Indonesia berada dalam posisi gawat. Kondisi kita bisa terjepit di antara kedua negara.

"Kepentingan mereka adalah untuk melindungi Freeport, karena saat ini akan diadakan renegoisasi kontrak oleh Presiden SBY, sesuai perundangan pertambangan yang baru. Seharusnya, kontrak barunya selesai Desember 2011, sekarang sudah April 2012. Kalau Presiden desak terus, kemungkinan mereka bisa marah,” paparnya.

Untuk itu, Syahganda mengimbau agar masyarakat Indonesia melakukan penolakan terhadap 2.500 tentara Amerika yang hendak mangkal di Papua. 

“Kita harus menunjukkan ke masyarakat internasional bahwa kita menolak itu,” ujarnya. 

Wahyu Setiadi/Editor: Tian Arief 

Sumber: Kedatangan Tentara AS di Papua Sarat Nuansa Politik (Gatra News, 10 April 2012 10:36 WIB)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons