Monday, April 2, 2012

Kelemahan dan Keganjilan Pseudo Argumen Prof Sarlito Wirawan Sasono Psikologi UI Soal Demo Atas SBY

JAKARTA - Dari Prof Sarlito: Buat kalian para mahasiswa yg berdemo mengatas namakan kepentigan rakyat dan para pendukungnya.. Yg merasa perbuatan mereka benar.. Silahkan baca ini baik2.. Kalian para MAHASISWA membawa nama kami di jalan.. Berteriak sana-sini mengatas namakan kepentingan kami masyarakat indonesia..rakyat kecil,pegawai kecil..buruh.. Alih2 membela kami kalian justru mengahncurkan fasilitas umum yg dibangun dengan uang dan keringat kami.. Tak jarang kalian membuat kami ketakutan ngeri dengan perbuatan kalian..kalian seperti binatang yg membabi buta.. Tak jarang kalian bentrok dengan warga sekitar.. WARGA=MASYARAKAT.. Yang lebih lucu lagi dari protes kalian adalah.. Kalian merusak kantor2..restoran cepat saji..showroom mobil..mobiil pengankut minuman dan gas Tak jarang kalian menjarah isi nya.. Dan kalian lupa.. Satpam,office boy,CS,pelayan, supir dan pegawai kecil lainya adalah kami MASYARAKAT INDONESIA!! Yg katanya kalian bela..tahu kah kalian wahai yg katanya MAHASISWA kami supir taksi tak berani menarik penumpang karna takut terjebak di tengah keributan dan menjadi korban.. Padahal keluarga kami butuh makan.. Tahu kah kalian kami OB dan pegawai rendahan .. Terpaksa harus mengeluarkan ongkos lebih banyak hanya untuk menghindari daerah kerusuhan yg kalian ciptakan.. Apakah kalian pernah berfikir..kalian bukanya meringankan beban kami..kalian justru menambah beban kami..bisakah kalian berdemo dengan cara yg lebih mulia??!! Belajarlah..kembali kebangku kuliah kalian.. Jadi lah juara.. Jadilah orang hebat..yg kelak memimpin negara ini..yg kelak jadi direktur..yg kelak jadi manager..atau bahkan kelak jadi pengusaha hebat..bukalah lapangan pekerjaan buat kami..majukanlah kami..kehidupankami rakyat miskin dengan cara yg lebih baik..majukanlah bangsa ini dengan prestasi kalian.. Jangan biarkan simpati kami berubah menjadi antipati terhadap kalian..jangan biarkan arti MAHASISWA sama dengan PREMAN.. Minta tolong di BC...biar sampai ke seluruh Mahasiswa di Indonesia.

CATAT Pak Sarlito: Kami  (mahasiswa,masyarakat dan rakyat luas) menginginkan gerakan yang damai dan anti kekerasan. Dari 172 kota, tempat berlangsungnya demonstrasi, hanya kurang dari 10 kota kondisinya 'agak keras' (Makasar, Medan, & sebagian Jakarta).

Kelemahan dan keganjilan argumen Sarlito adalah:
1. Dalam himbauan di atas, Sarlito mengatasnamakan rakyat padahal dia sendiri datang dari keluarga & lingkungan yg sangat elit semenjak zaman Orde Baru.

2. Telah terjadi provokasi oleh polisi (yang bersenjata tempur) dengan melakukan penembakan yang membabi buta di kampus-kampus. Hal ini dilakukan dengan senjata di kampus-kampus yang seharusnya menjadi tempat yang aman untuk civitas akademika.

3. Telah terjadi pendobrakan kantor YLBHI secara paksa oleh polisi. Polisi juga melakukan pemukulan terhadap aktivis2 di kantor YLBHI

4. Elit-elit yang korup telah merugikan negara dan rakyat secara besar2an dan sistemik. Uang rakyat yang dirampok oleh pejabat2 seharusnya dapat digunakan untuk membangun fasilitas umum untuk rakyat (fasilitas kesehatan, pendidikan, serta pemenuhan kebutuhan pangan, sandang & papan).

5. Selain mahasiswa, yang ikut dalam gerakan perubahan adalah rakyat dari berbagai lapisan masyarakat termasuk buruh, ibu rumah tangga, petani, guru, nelayan, kaum miskin kota, pedagang kaki lima, dll. Mereka berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, serta berasal dari berbagai golongan, suku, dan agama. Mereka bersama-sama menyuarakan suara rakyat yang selama ini tidak pernah didengarkan oleh pemerintah.

Terlepas dari argumen Sarlito yang tidak lengkap dan tidak berimbang, kami setuju bahwa perubahan harus dilakukan tanpa kekerasan dan dengan damai. Namun Sarlito hendaknya membela mahasiswa, bukan membela rezim yang korup,penuh  dusta,dan  berpolitik murahan,  jika dia ingin bertobat dari kesalahan di masa lalu sbg bagian dari Orba, jika ia  masih punya nurani.

Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons