Kamis, 05 April 2012

Korban HAM Berat Masa Lalu Gotong Kotak Surat untuk Menkopolhukam

"Sejak terbentuk pada Mei 2011, hingga saat ini belum ada perkembangan berarti yang dihasilkan oleh tim kecil tersebut."
JAKARTA, Jaringnews.com - Perwakilan keluarga korban pelanggaran HAM berat di masa lalu mendatangi Kantor Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (5/4), untuk menyampaikan surat kepada Menkopolhukam Djoko Suyanto. Perwakilan korban didampingi Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (IKOHI) dan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS).

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan kepada tim penyelesaian kasus pelanggaran berat HAM di masa lalu yang dibentuk presiden, Mei 2011, yang berada di bawah koordinasi Menkopolhukam.

"Sejak terbentuk pada Mei 2011, hingga saat ini belum ada perkembangan berarti yang dihasilkan oleh tim kecil tersebut," ujar M. Daud, staf divisi pemantauan impunitas KontraS saat mendampingi para perwakilan korban.  

Menurut dia, surat yang ditulis adalah harapan agar Djoko Suyanto mau menemui pihak korban dan menjelaskan perkembangan penanganan kasus pelanggaran HAM masa lalu. "Langkah konkrit yang dilakukan tim Kemenkopolhukam akan menunjukkan sejauh mana komitmen Menkopolhukam terhadap upaya penyelesaian kasus pelanggaran HAM masa lalu," ujarnya.

Adapun perwakilan korban yang turut hadir yakni korban Peristiwa '65, korban Tanjung Priok '84, korban penghilangan orang paksa 97/98, korban Peristiwa Mei '98, Tragedi Talang Sari '89, Peristiwa Semanggi I '98 dan Semanggi II '99.

Sebelumnya, pihak korban pernah mendatangi Kemenkopolhukam pada 23 Februari 2012, dan melakukan aksi diam.

(Nvl / Nky)

* Pihak perwakilan korban pelanggaran HAM masa lalu mengangkut surat untuk Menkopolhukam Djoko Suyanto, Jakarta, Kamis (5/4). (Jaringnews/Novel Martinus) (Image from Jaring News)

Sumber: Korban HAM Berat Masa Lalu Gotong Kotak Surat untuk Menkopolhukam (Jaring News, 5 April 2012 16:46 WIB)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons