Kamis, 05 April 2012

Korupsi Sudah Jadi Penyakit

JAKARTA--MICOM: Korupsi sebagai sebuah perilaku, kini sudah menjadi penyakit akut yang menjangkiti seantero negeri dengan berbagai dampaknya yang menggerogoti. Jika dahulu perilaku ini hanya dilakukan segelintir, kini secara terang-terangan dilakukan berbagai kalangan secara profesional dan sistematis. 

Lebih hebat lagi, pukulan balik kemudian sering diterima oleh lembaga-lembaga antikorupsi dari para aktor korupsi tersebut. "Banyak cara saat ini dilakukan para koruptor untuk membunuh karakter penggiat antikorupsi dengan delegitimasi institusi, menurunkan wibawa pemerintah, mengadu domba bahkan sampai menciptakan chaos," ujar Penasihat KPK Said Zainal Abidin dalam seminar bertajuk Korupsi Dalam Perspektif Islam yang diselenggarakan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Rabu (4/4). 

Menurut Said, sebab terjadinya korupsi yang kemudian memiskinkan negeri adalah faktor budaya, dimana perilaku ini seperti sudah diterima masyarakat, dan hukum menjadi faktor luar yang pasti akan mendapat perlawanan jika masuk dalam pemebrantasannya. Tidak hanya itu, faktor kesetiaan terhadap keluarga dan kelompok menjadi salah satu alasan korupsi di Indonesia sulit diberantas. 

Selain itu secara psikologis, Said menambahkan, masyarakat melihat, jika orang baik korup, maka yang lain dianggap sah-sah saja, bahkan ada alasan seseorang melakuka korupsi karena takut terkucil. Secara ekonomi, korupsi makin banyak dilakukan karena beralasan sekedar mencukupi kebutuhan. 

"Dalam hal ini negara tidak memberikan kompensasi yang layak, dimana tidak ada jaminan orang jujur hidup layak. Itu dulu yang harus diperjuangkan. Selain keadaan sistem administrasi yang lemah, pejabat yang serakah serta ringannya hukuman bagi koruptor," jelas Said. (HZ/OL-04) 

Sumber: Korupsi Sudah Jadi Penyakit (Media Indonesia, 05 April 2012 03:58 WIB)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons