Selasa, 18 Oktober 2011

Pemimpin Gerakan Mahasiswa Chile, Camila Vallejo, Dukung Revolusi Venezuela

Pemimpin gerakan mahasiswa Chile, Camila Vallejo, tidak dapat menyembunyikan rasa simpatinya yang besar terhadap Presiden Venezuela Hugo Chavez. Ia berharap dukungan tetap diberikan kepada pemerintahan Chavez.

Presiden Federasi Mahasiswa Universitas Chile ini juga berharap agar Chavez tetap dalam keadaan baik dan sehat. Ia menganggap proses perubahan revolusioner di Venezuela tetap membutuhkan kepemimpinan Chavez.

“Ijinkan saya, atas nama Pemuda Komunis Chile mengirimkan pesan kepada komandan (Chavez) agar tetap berdiri dalam pertempuran ini,” katanya.

Camila Vallejo juga mengirim salam solidaritas dan persaudaraan kepada Partai Komunis Venezuela (VCP) dan Pemuda Komunis Venezuela (JCV). “Saya tahu bahwa proses revolusioner memerlukan waktu yang panjang dan diperlukan ketabahan revolusioner dalam perjuangan ini,” katanya.

Ia juga menggaris-bawahi pentingnya solidaritas internasional. Sebab, mereka berjuang bukan hanya melawan neoliberalisme di Chile, tetapi juga melawan sistem kapitalisme global.

Sebelumnya, Camila Vallejo majalah Partai Komunis Venezuela, Tribuna Popular, tentang adanya keterkaitan antara Camila Vallejo dengan pemimpin sayap kanan mahasiswa di Venezuela.

“Saya tidak pernah melihatnya. Saya tidak punya hubungan dengan orang-orang itu,” kata Camila Vallejo membantah tudingan tersebut.

Camila Vallejo sendiri baru saja menyatakan keikutsertaannya dalam pemilu presiden mahasiswa Universitas Chile pada bulan Desember mendatang. Ia akan bersaing dengan sejumlah kandidat dari sayap kanan, kiri tengah, militan kiri, dan kaum anarkis.

Pengaruh gerakan kiri, khususnya komunis, sangat kuat dalam gerakan mahasiswa di Chile saat ini. Setidaknya ada tiga pemimpin mahasiswa yang sangat terpengaruh oleh komunisme: Camila Vallejo (Presiden Federasi Mahasiswa Universitas Chile/FECH), Karol Cariola (Sekjend Pemuda Komunis Chile), Camilo Ballestero (Presiden Federasi Mahasiswa Universitas Santiago Chile).

Begitu kuatnya pengaruh pemuda komunis, sampai-sampai pemerintahan sayap kanan Pinera membuat serangan khusus untuk mendiskreditkan dan mengkriminalkan para aktivis pemuda komunis.

Media Chile, yang mayoritas dikontrol sayap kanan, secara kontinyu membuat laporan palsu dan mendiskreditkan gerakan mahasiswa. Mereka juga berkali-kali memojokkan pemimpin gerakan, tidak terkecuali Camila Vallejo.

Akan tetapi, begitu luasnya dukungan rakyat terhadap gerakan mahasiswa, membuat media sayap kanan gagal mengisolasi perjuangan mahasiswa dari rakyat banyak. Juga gagal mengisolasi peranan pemuda komunis dalam perlawanan.

Sumber: Pemimpin Gerakan Mahasiswa Chile, Camila Vallejo, Dukung Revolusi Venezuela (Berdikari Online, Jumat, 18 November 2011 1:58 WIB)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons