Selasa, 03 April 2012

Rizal Ramli: Pidato SBY Basi Banget!

Jakarta - Instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada jajarannya untuk setia dan patuh terhadap kebijakan pemerintah, sesuai peraturan yang berlaku terkait dengan penetapan APBN-P 2012, dianggap basi! Imbauan Kepala Negara dinilai tidak konkret. 

"Pidatonya basi banget!" tanggap pengamat ekonomi Rizal Ramli, ditemui di Universitas Bung Karno, Jakarta, Senin (2/4) petang.

"Pidato itu ditutup dengan tujuh imbauan dan instruksi. Padahal, kalau (imbauan itu) dikumpulkan, sejak menjadi presiden, presiden SBY telah mengeluarkan lebih dari 1000 imbauan. yang jalan cuman 10. Karena imbauannya itu tidak konkret," Rizal, menambahkan. 

Semestinya, menurut mantan menteri koordinator perekonomian ini, Presiden Yudhoyono menyatakan komitmennya untuk menindak mafia migas yang selama ini dianggapnya telah merugikan rakyat. "Semestinya dia bilang, saya akan hapuskan (kenaikan harga bahan bakar minyak), dan langsung negosiasi dengan negara-negara penghasil minyak bumi," katanya.

Terkait soal kisruh kenaikan harga bahan bakar minyak, kata Rizal, Presiden Yudhoyono juga seharusnya memerintahkan para menteri terkait untuk kembali menggenjot produksi minyak Indonesia. "Kita ini anjlok terus. Dari 1,3 juta barel per hari, kini hanya menjadi 900 ribu barel per hari," papar Rizal.

"Semestinya presiden menginstruksikan menterinya untuk kembali menaikkan produksi kembali menjadi 1,3 juta barel per hari," tambahnya.

Sebelumnya Presiden Yudhoyono menginstruksikan jajaran pemerintah untuk setia dan patuh terhadap kebijakan pemerintah sesuai peraturan yang berlaku terkait dengan penetapan APBN-P 2012. Hal itu disampaikannya dalam dalam penjelasannya mengenai postur APBN-P 2012 di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (31/3) malam.

"Instruksi saya kepada jajaran pemerintah, termasuk gubernur, bupati dan wali kota sesuai sumpah dan etika jabatan kita, marilah kita bekerja sekuat tenaga. Saya berharap saudara semua tetap setia dan patuh terhadap kebijakan pemerintah sesuai peraturan yang berlaku," katanya, seperti dilansir Antara.

Kepala Negara juga mengajak jajaran pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menjaga perekonomian di masa kini dan mendatang. "Di berbagai waktu lalu saat menghadapi krisis ekonomi kita bisa menghadapinya dan ekonomi kita dapat tumbuh baik. Oleh karena itu seberat apapun ekonomi yang kita hadapi kita bisa hadapi bersama-sama," demikian Presiden Yudhoyono. [EL]

Sumber: Rizal Ramli: Pidato SBY Basi Banget! (Gatra News,  03 April 2012 16:00 WIB)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons