Tuesday, April 3, 2012

Rizal Ramli: Terlalu Kecil Jika Tujuannya Hanya Menurunkan SBY-Boediono, Kita Harus Ganti Sistem yang Korup Ini

JAKARTA, RIMANEWS-Kondisi bernegara yang kian carut-marut tak pelak lagi menyengsarakan kehidupan rakyat banyak. Reformasi yang telah digulirkan seolah hanya membebaskan negeri ini dari tirani otoritarianisme Orde Baru (Orba)menuju tirani demokrasi.

Tokoh oposisi DR Rizal Ramli berpendapat, kegagalan  reformasi tahun 1998 karena yang terjadi saat itu hanya people power yang orientasinya hanya menumbangkan rezim otoritarianisme Soeharto bukan membangun sistem sehingga buah dari reformasi mudah dibajak oleh ‘penumpang gelap’ yang tidak ikut menggulirkan reformasi.

Di era orba, tutur Rizal, penyimpangan rezim berkuasa hanya dipahami oleh kalangan elit seperti mahasiswa, akademisi dan yang lainnya. Sedangkan saat ini, seiring dibukanya keran informasi, rakyat awam pun bisa menyadari penyimpangan-penyimpangan rezim berkuasa sehingga jika terjadi gerakan perubahan, yang ada bukan lagi people power  tapi people movement.

Merespon kondisi saat ini, Rizal menyerukan segenap komponen bangsa untuk bersama-sama menggulirkan perubahan melawan rezim berkuasa yang dinilainya telah sewenang-wenang dan menyengsarakan rakyat. Namun Rizal mengingatkan, gerakan perubahan jangan hanya berorientasi menumbangkan rezim SBY-Boediono tapi harus memperbaiki sistem.

“Terlalu kecil jika tujuannya hanya menurunkan SBY-Boediono, kita harus ganti sistem yang korup ini,” ungkapnya dalam  acara Konsolidasi Reformasi Damai di Rumah Perubahan 2.0 Jakarta, Selasa (3/4/12).

Dalam kesempatan itu Rizal juga mengkritisi kebijakan energi pemerintahan SBY-Boediono yang selalu berpatokan pada harga minyak di Nymex, New York. Menurut Rizal, kita tidak bisa menggunakan standar New York karena penghasilan masyarakat Indonesia masih sangat rendah.

“Silahkan saja naikkan harga minyak sesuai standar New York, tapi naikkan dulu pendapatan perkapita penduduk Indonesia seperti masyarakat New York, yaitu sekitar Rp400 juta per tahun,” tandas Ketua Aliansi Rakyat Untuk Perubahan (ARUP) ini. (ach)

Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons