Senin, 22 Oktober 2012

Pajak Berlapis Rugikan Rakyat, Pemicu Inflasi

Selama ini para ekonom selalu mempersalahkan naiknya harga barang atau inflasi terjadi disebabkan ada faktor meningkatnya permintaan masyarakat atas kebutuhan barang dan jasa.

Jakarta, POL - TAK banyak masyarakat yang tahu dari mana asal perhitungan harga barang, sehingga harga-harga setiap tahun selalu naik, dan semakin tidak terjangkau oleh penghasilan rakyat jelata.Mereka bingung darimana datangnya inflasi.

Karena selama ini para ekonom selalu mempersalahkan naiknya harga barang atau inflasi terjadi disebabkan ada faktor meningkatnya permintaan masyarakat atas kebutuhan barang dan jasa.

Investigasi wartawan PelitaOnline (POL) di Jabodetabek, menemukan fakta yang mengejutkan, bahwa penyebab inflasi - naiknya harga eceran barang- tidak hanya di sebabkan oleh melonjak permintaan atas barang, tetapi juga dapat disebabkan oleh pajak berlapis yang diterapkan oleh pemerintah. Tentu saja, ujung-ujungnya, pihak yang paling dirugikan adalah masyarakat pengguna barang produksi tersebut.

H.Fahmi Idris (55 tahun) seorang pengusaha makanan ringan dalam kemasan di Jakarta menuturkan, "Pajak berlapis juga merupakan salah satu faktor penyebab dari mahalnya harga jual barang ke tangan masyarakat kita."

Hal ini dibenarkan oleh Ahok (52 tahun) juga seorang pengusaha makanan ringan dalam kemasan yang berbasis di Bekasi dan Tangerang.

"Bagamana kami bisa bikin harga murah? Coba deh you hitung. Dari mulai kita beli mesin produksi sudah kena pajak dan bea masuk barang import plus biaya lain-lain. Waktu bikin kemasannya, juga kena pajak. Saat beli bahan baku barang kena pajak. Terus kita jual ke pasar atau distributor juga kena pajak PPN 10%... Nah gak mungkin kita bisa jual barang dengan harga murah,” ujarnya menjelaskan runtutan biaya pajak yang berlapis terhadap suatu proses pembuatan hingga pemasaran barang, Selasa (16/10/2012).

Namun demikian, mahalnya harga barang, tidaklah otomatis menaikan keuntungan para pengusaha.

"Tapi ingat, jangan you pikir kita orang dapat untung banyak dari mahalnya harga barang. Yang you harus pahami, di pasar kami harus bersaing dengan produk sejenis. Tukang kacang bersaing dengan tukang kacang, tukang biskuit bersaing dengan tukang biskuit. Jadi kalo mau laku barang kita, harga juga harus bisa bersaing lebih murah agar bisa di beli rakyat,” tandas Ahok menjelaskan.

"Gak bener tuh kabar bahwa kita untung besar karena harga barang mahal,” lanjutnya menepis anggapan banyak pihak, bahwa pengusaha diuntungkan dari kenaikan harga jual.

Di lapangan, ternyata klaim para ekonom tentang naiknya harga barang karena adanya permintaan yang tinggi, tidaklah mutlak.

Ternyata penerapan pajak berlapis, dapat merugikan pengusaha dan rakyat konsumen barang atau jasa seperti penuturan beberapa pengusaha tadi.

Sumber : Pajak Berlapis Rugikan Rakyat Pemicu Inflasi (Pelita Online, 16 Oktober 2012 08:20 WIB)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons