Senin, 17 Juni 2013

Demo menentang kenaikan BBM meluas, DPR voting


Aksi demonstrasi di luar gedung DPR, Jakarta semakin membesar di tengah langkah anggota dewan melakukan pemungutan suara untuk mengesahkan Rancangan Anggaran Perencanaan Belanja Negara Perubahan 2013.

Di dalam RAPBN Perubahan ini diatur tentang pengucuran subsidi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang menjadi satu paket dengan rencana kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM.

Sejak Senin pagi (17/06), di depan gerbang DPR berkumpul massa mahasiswa dan buruh, tetapi dalam jumlah hanya mencapai ribuan orang, jauh lebih sedikit dari klaim 10.000 ribu untuk membanjiri Jakarta.

Kelompok mahasiswa dan buruh yang sempat berkumpul di sekitar jalan MH Thamrin dan berniat menuju Istana Negara dikepung aparat sehingga hanya bisa berorasi di depan Kementrian Perhubungan Medan Merdeka Barat.

DPR putuskan voting

Sementara itu, anggota dewan memutuskan melakukan pemungutan suara setelah rapat sempat diskors selama lima jam sejak pukul 15.30.

Lamanya lobi dikabarkan karena dua Fraksi PDI-Perjuangan dan PKS ingin memasukan postur anggaran tandingan mereka yang tidak menyertakan penaikan BBM dimasukkan dalam pilihan saat voting.

Sembilan fraksi telah menyampaikan pandangannya terkait usulan RAPBN-P 2013 yang disampaikan pemerintah dan empat fraksi: Fraksi PDI-Perjuangan, PKS, Gerindra dan Hanura menolak untuk pengesahan RAPBN-P.

Sementara lima fraksi lainnya: Fraksi Demokrat, Golkar, PPP, PKB dan PAN mendukung pengesahan RAPBN-P meski ada sejumlah catatan terkait jangka waktu pemberian BLSM.

Aksi buruh untuk menentang rencana kenaikan harga BBM sempat menghentikan lalu lintas dari kawasan Tangerang menuju bandar udara Sukarno Hatta.

Buruh sempat berhasil melakukan aksinya namun kemudian polisi berhasil melokalisir peserta demo di luar tol Kebon Nanas, Tangerang, Banten sehingga lalu lintas lancar kembali.

Dari Bekasi dilaporkan buruh melakukan aksi razia ke sejumlah pabrik memaksa rekan sesama pekerja untuk ikut turun ke jalan memprotes rencana kenaikan harga BBM.

Aksi demo yang cukup besar terjadi di Medan, Sumatra Utara di mana ribuan mahasiswa turun ke jalan utama dengan melawan arus lalu lintas sehingga menyebabkan kemacetan total.

Di Aceh, empat mahasiswa dilaporkan ditangkap setelah bentrok dengan polisi setempat.

Sementara di Jambi seorang wartawan tertembak peluru gas air mata sehingga dilarikan ke rumah sakit saat sedang meliput bentrokan polisi dengan mahasiswa yang sedang memprotes kenaikan harga BBM.

Aksi anti kenaikan harga BBM serentak juga dilaporkan terjadi di Surabaya, Jogjakarta, Mataram, Ternate, Lampung, Sukabumi dan sejumlah kota lain di Indonesia.

Sumber : Demo menentang kenaikan BBM meluas, DPR voting (BBC Indonesia, 17 Juni 2013)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons