Jumat, 14 Juni 2013

Demo Tolak Kenaikan BBM di Jl Raya Kalimalang Ricuh


BERITAJAKARTA.COM — 14-06-2013 17:46
Aksi menolak rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang digelar puluhan mahasiswa di Jl Kalimalang Raya, Jakarta Timur berlangsung ricuh. Kericuhan bermula saat para peserta aksi membakar ban bekas di badan Jl Raya Kalimalang dan coba dipadamkan petugas kepolisian yang berjaga-jaga. 

Informasi yang berhasil dihimpun, aksi demo tersebut digelar oleh 30-an mahasiswa yang berasal dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Korkom Universitas Borobudur. 

Kericuhan bermula saat para peserta aksi membakar dua ban bekas di badan jalan. Petugas kepolisian yang berjaga-jaga langsung berupaya memadamkan kobaran api tersebut. Sontak hal ini mendapatkan perlawanan dari mahasiswa. Aksi saling dorong pun tak terhindarkan antara mahasiswa dengan petugas kepolisian. 

Ezzy (22), salah seorang peserta aksi menuturkan, demo yang dilakkan sebagai respon atas rencana pemerintah yang akan menaikkan harga BBM. "Kami mempertanyakan pernyataan APBN akan jebol bila harga BBM tidak dinaikkan. Padahal dari hitung-hitungan yang kami lakukan, seharusnya Rezim SBY justru memiliki kelebihan uang dari pembelian BBM yang dilakukan Pertamina kepada pemerintah sebesar Rp 224,5 Triliun," katanya.

Kapolsek Durensawit, Kompol Imron Gultom mengatakan, penjagaan terhadap aksi demo para mahasiswa bertujuan agar tidak mengganggu arus lalu lintas. "Mereka membakar ban bekas, terpaksa kami padamkan agar tidak mengganggu arus lalu lintas," katanya. 

Meski sempat terjadi aksi saling dorong, sambungnya, secara umum aksi tersebut berlangsung kondusif. Pihaknya menerjunkan 25 personil untuk menjaga jalannya aksi demo. "Toh secara umum kondusif, aksi ini tidak menimbulkan kemacetan yang parah," tandasnya.

Aksi yang berlangsung sejak pukul 15.00 itu berakhir sekitar pukul 17.00. Puas menggelar orasi, para mahasiswa langsung membubarkan diri dan kembali masuk ke kampusnya dengan tertib.

Sumber : Demo Tolak Kenaikan BBM di Jl Raya Kalimalang Ricuh (Berita Jakarta.Com, 14 Juni 2013)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons