Wednesday, June 12, 2013

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Tutup Jalan Diponegoro (Kompas, 12 Juni 2013)

JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan mahasiswa Universitas Jayabaya melakukan unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Rabu (12/6/2013) petang. Dalam aksinya, para mahasiswa itu menutup Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, hingga terjadi kemacetan lalu lintas.

Dengan membentangkan spanduk, sekitar 20 mahasiswa itu menutup dua dari tiga ruas Jalan Diponegoro. Mereka juga membakar sebuah ban bekas. Pengendara yang melintas dari arah Imam Bonjol menuju Jalan Diponegoro terpaksa bergiliran memakai satu ruas jalan yang disisakan oleh mahasiswa. Sebagian pengendara motor akhirnya menggunakan trotoar agar dapat menembus kemacetan.

"Tujuan utama kami memang ingin menutup jalan," kata Faisal, koordinator aksi di lokasi, Rabu (12/6/2013).

Aksi yang sudah dimulai sejak pukul 16.30 WIB ini dilakukan untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Menurut mereka, kenaikan harga BBM bersubsidi merupakan kepentingan pemerintah tanpa menghiraukan nasib orang kecil.

"Banyak aktor politik yang memiliki kepentingan pribadi demi lancarnya kepentingan mereka. Salah satunya dengan menaikkan harga BBM. Ini sangat mengebiri rakyat," kata Faisal.

Sementara itu, pengamanan di sekitar lokasi terlihat longgar. Hal ini terlihat dengan tidak adanya penjagaan yang ketat dan sedikitnya jumlah polisi di lokasi tersebut. Hingga berita ini ditayangkan, para mahasiswa itu belum membubarkan diri dan kemacetan masih terjadi di sekitar lokasi tersebut.
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons