Minggu, 26 Januari 2014

Try Sutrisno: Tanggung Jawab Presiden Mestinya Langsung ke MPR!

RMOL. Mantan wakil presiden, Try Sutrisno mendukung putusan Mahkamah Konstitusi untuk menggelar Pemilu serentak berlaku mulai tahun 2019 mendatang dan seterusnya.

Menurut Try, Pemilu itu harus dilihat dari tiga aspek. Pertama hak politik rakyat yang tertuang dalam konstitusi. Kedua pemilu harus bebas, rahasia dan tertib.

"Aspek ketiga ini yang penting. Pemilu harus diwujudkan dalam hal efisensi dan ekonomis. Jadi lebih baik anggaran pemilu yang begitu besar seperti sekarang dialokasikan untuk biaya pendidikan, kesehatan atau kesejahteraan rakyat," urai Try yang ditemui usai peluncuran buku Prawoto Mangkusasmito di Gedung BPPT, Jakarta, Minggu (26/1).

Namun purnawirawan jenderal bintang empat tersebut juga berpendapat, pemerintah sebaiknya kembali menganut sistem yang mengedepankan keterwakilan rakyat. Ia juga mendorong agar MPR sebagai lembaga tertinggi negara dan dihidupkan kembali Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).

"Keterwakilan rakyat ada di MPR, lalu memilih presiden. Jadi tanggung jawab presiden langsung ke MPR. Sekarang tanggung jawab presiden ke siapa? tidak ada. Kita seperti kapal tidak karu-karuan," paparnya.

"Kaji ulang perubahan UUD 45, ditata lagi," kata Try menekankan.[wid]

Sumber : Try Sutrisno: Tanggung Jawab Presiden Mestinya Langsung ke MPR! (RMOL, 26 Januari 2014)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons