Thursday, March 19, 2015

Kwik: Kemiskinan Indonesia Lampaui Batas Kemanusiaan

Pemerintah selama ini hanya terfokus pada pertumbuhan ekonomi, sementara PDB yang terbentuk hanya bisa dimiliki oleh perusahaan asing atau oleh segelintir orang saja.

EKONOM Kwik Kian Gie menyampaikan rasa keprihatinannya atas tingkat kemiskinan Indonesia yang kian bertumbuh. Menurutnya, ambisi pemerintah dalam mengejar pertumbuhan ekonomi atau Produk Domestik Bruto (PDB) menjadi faktor utama penyebab kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin.

"Pemerintah selama ini hanya terfokus pada pertumbuhan ekonomi, sementara PDB yang terbentuk hanya bisa dimiliki oleh perusahaan asing atau oleh segelintir orang saja. Masyarakat kalangan bawah dan orang miskin tidak bisa menikmatinya. Ini sungguh miris," ujar Kwik di Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian, Keuangan, dan Industri era Megawati ini juga mengatakan, peningkatan kemiskinan di negeri ini sudah melampaui batas-batas kemanusiaan.
Fakta yang terdapat dalam kantong-kantong kemiskinan, menurutnya, adalah bukti bahwa pertumbuhan ekonomi negara hanya bisa dinikmati kalangan atas.

"Kalau kita masuk ke dalam daerah-daerah yang dinamakan kantong-kantong kemiskinan, kemiskinannya sudah melampaui batas-batas kemanusiaan. Ini bukti pertumbuhan ekonomi kita hanya bisa dinikmati orang-orang kaya," pungkas Kwik Kian Gie.

Sumber : Kwik: Kemiskinan Indonesia Lampaui Batas Kemanusiaan (Pelita Online, 18 Maret 2015)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons