Wednesday, May 20, 2015

Demonstrasi, Mahasiswa UIN Blokade Jalan Ciputat Raya

CIPUTAT - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) UIN Syarif Hidayatullah melakukan unjuk rasa. Dalam aksi tersebut, mereka terlibat insiden saling dorong dengan petugas kepolisian.

Demonstrasi yang dilakukan mahasiswa UIN di depan kampusnya di Jalan Ciputat Raya, Tangerang Selatan, itu dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Berdasarkan pantauan di lokasi, Rabu (20/5/2015), mahasiswa memblokade ruas jalan raya, kemudian membakar replika Presiden Joko Widodo (Jokowi). Aksi mahasiswa ini kemudian langsung dihalau petugas kepolisian yang sudah berjaga-jaga.

Tidak terima aksinya dilarang, mahasiswa kemudian melakukan perlawanan, sehingga aksi saling dorong antara mahasiswa dan polisi terjadi. Mahasiswa sempat bertahan dan kemudian melakukan aksi tidur di Jalan Ciputat Raya.

Juru Bicara Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, M Teguh, mengatakan bahwa kinerja Presiden Jokowi buruk sehingga menuai banyak kritik. Bahkan, pihaknya mengancam akan mengerahkan mahasiswa ke Istana Negara sebagai bentuk kekecewaan mereka atas kebijakan pemerintahan saat ini.

"Kami hendak mengkritisi kebijakan ekonomi dan hukum pemerintahan Jokowi saat ini," kata Teguh saat ditemui di lokasi aksi, Rabu (20/1/2015).

Menurutnya, kebijakan ekonomi pemerintahan Jokowi-JK lebih mementingkan sektor pasar dibandingkan kepentingan rakyat.

"Kita lihat saja harga BBM saat ini ditentukan mekanisme pasar, padahal harga BBM berdampak pada harga sembako yang langsung bersentuhan dengan rakyat," kata Teguh.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga meminta kepada pemerintahan Jokowi-JK untuk menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia. "Khususnya tragedi Mei '98," ucapnya.

(crl)

Sumber : Demonstrasi, Mahasiswa UIN Blokade Jalan Ciputat Raya (Oke Zone, 20 Mei 2015)
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons