Saturday, May 23, 2015

Ijasah Palsu Ditangan Cendekia Palsu

Urgensi pendidikan bagi kehidupan manusia kembali menjadi sorotan dimana berita tentang ijazah palsu muncul menjadi topik hangat di media-media nasional, bagaimana tidak dianggap penting sedangkan peran institusi pendidikan memiliki posisi yang sangat elegan dan signifikan dalam hal peningkatan taraf hidup masyarakat. 

Dengan gambaran umum yang menyeluruhnya saja ketika seseorang memiliki pengetahuan yang diperolehnya melalui jenjang pendidikan tinggi seketika itu pula dianggap telah menguasai bidang keilmuan tertentu, bagaimana tidak dipandang sebagai elegan jika pada kenyataannya institusi pendidikanlah yang sebenarnya memiliki predikat elegan itu karena perannya yang sebagai institusi telah melahirkan para cendekia yang mandiri dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya melalui teori-teori ilmiah.
Signifikansinya disini ditinjau dari segi pentingnya institusi pendidikan tinggi pada khususnya yang paling bisa dihandalkan untuk menjadi pelopor perubahan karena  bidang kajian pengetahuannya lebih luas, sedangkan institusi pendidikan dibawah pendidikan tinggi hanya dinilai sebagai tingkat ilmu pengetahuan yang harus dimiliki yang sifatnya masih terbatas pada pengenalan teori-teori, dalam hal ini adalah sekolah menengah kejuruan dan umum. 

Terlepas dari perihal elegan dan signifikannya institusi pendidikan tinggi maka peran pemerintah dalam hal peningkatan kesejahteraan rakyat dinilai masih belum dapat dikatakan optimal, khususnya dalam masalah pendidikan yang dalam hal ini tentunya biaya pendidikan tinggi yang mahal dan masih adanya praktik-praktik kolusi, korupsi dan nepotisme dalam memasuki perguruan tinggi tertentu.Tentunya jika permasalahan ini masih ada maka selama itu pula masalah-masalah lainnya seperti ijasah palsu dan penjiplakan tugas akhir akan tetap ada.

Namun tidak dapat dipungkiri setiap persoalan seperti tiu pastilah karena ulah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, kembali kepada aspek manusianya karena banyak segi-segi positif dan negatif yang dapat ditimbulkan. Sehingga peran pemerintah dan swasta untuk bersinergi saling memiliki feedback (umpan balik) untuk validasi data pegawai melalui data yang tersedia di perguruan tinggi. Karena, dengan adanya sistem check and valid ini diharapkan dapat meniadakan persoalan yang menyangkut ijasah palsu dan gelar pendidikan palsu.

=======

Image for news.detik
Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons