Rabu, 20 Mei 2015

Para Pemalsu dan Pengguna Ijazah Palsu Harus Dihukum

Jakarta - Dunia pendidikan Indonesia geger setelah terkuaknya praktik jual beli ijazah palsu yang melibatkan banyak kampus. Tidak cuma kampusnya saja yang harus dipidana, para lulusan abal-abal yang sudah keburu beredar di masyarakat juga wajib diburu untuk dihukum.

‎Kasus ini jangan dianggap sepele oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Menteri M Nasir‎ harus menggandeng polisi untuk ikut mengusut persoalan ini.

"Kasus pemalsuan ijazah ini tidak saja menyentuh masalah pidana saja, tapi juga masalah moralitas dan martabat manusia Indonesia. Karena itu, masalah ini harus dituntaskan sampai ke akar-akarnya," kata Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) A Muhaimin Iskandar dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (20/5).

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini setuju dengan langkah yang hendak diambil Nasir dengan menutup 18 perguruan tinggi yang terlibat. Harus pula ada sanksi moral dengan mengumumkan perguruan tinggi yang telah menjual ijazah palsu tersebut.

Menurut Muhaimin, perguruan tinggi yang telah mengeluarkan ijazah palsu selain dicabut izin dan menutupnya, juga diharuskan menarik kembali ijazah palsu tersebut. Tentu saja, mereka yang telah memanfaatkan ijazah palsu tersebut pun harus mendapatkan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya.

"Kasus ijazah palsu harus dituntaskan tahun ini. Mulai tahun depan, tidak ada lagi kalangan perguruan tinggi atau siapa pun dapat memalsukan ijazah untuk diperjualbelikan," lanjutnya lagi.

Dia juga menyindir orang yang sudah mau mempergunakan ijazah palsu. Baginya, orang tersebut sudah mempermalukan diri sendiri dan keluarganya.

"Bayangkan bila seseorang kemudian diketahui menggunakan ijazah palsu. Tidak saja mempermalukan dirinya sendiri tapi juga telah menghina keluarga dan keturunannya. Sanksi moralnya pun akan dirasakan sepanjang hidupnya," tutupnya.

Sumber : Para Pemalsu dan Pengguna Ijazah Palsu Harus Dihukum (Detik News, 20 Mei 2015)

Next Previous Home
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons